Tips & Trik Lulus USM PKN STAN 2017

Alhamdulillah kali ini kembali hadir dengan salah satu postingan berlabel Tips. Kali ini gua akan share "Tips & Trik Mengerjakan Soal USM PKN STAN 2017". Semoga dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua ya :)

Info nih guys, bahwa mulai tahun 2015 Sekolah Tinggi Akuntansi Negara sudah berganti nama dan bertransformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN. Kenapa sudah berganti nama? baca artikelnya disini ya.

Persiapan Sebelum Test :

Kuasailah seluruh materi yang akan diujikan. Carilah buku-buku pemantapan yang berisi materi-materi dasar mengenai USM PKN STAN. Anda juga perlu buku-buku tentang soal-soal USM PKN STAN tahun-tahun sebelumnya. Anda sebaiknya mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Tentu saja sedikit banyaknya waktu adalah sangat bergantung pada kemampuan dasar yang sudah anda miliki.

1. Lakukan Uji Coba (Try Out)

Gua saranin anda berlatih sendiri dengan jumlah soal dan alokasi waktu yang sama dengan test nyata USM PKN STAN, yakni 150 menit untuk dua jenis TPA dan TPBI. Anda juga boleh mengikuti try out yang diadakan lembaga bimbel, tetapi menurut saya itu jauh dari sama dengan USM PKN STAN yang sebenarnya. Disamping soal-soalnya sedikit, terkadang soal-soal itu sudah dipilih-pilih yang mana mereka (lembaga) memiliki jurus-jurus ampuh menyelesaikan dengan mudah. Hal ini merekan tujukan untuk mempermudah promosi/sponsor jasa mereka. hemmm menurut gua sih hehe

2. Pemilihan Jurusan (Program Studi)

Ini nih yang masih sangat menjadi misteri di PKN STAN, kita sebagai calon mahasiswanya diharuskan untuk memilih 9 prodi yang ada sesuai dengan minat dan ketertarikan. Masih cukup membingungkan sih, karena sampai saat ini banyak yang masih tidak mengerti dengan sistem pemilihan jurusan yang ada di PKN STAN, baik mahasiswa maupun beberapa dosen. Sampai saat ini panitia seleksi USM PKN STAN belum pernah memberi tahu nilai minimum agar bisa masuk di salah satu jurusan. Misal, kita ingin masuk jurusan pajak namun kita tidak tahu berapa nilai minimum USM yang harus kita dapat. Jadi harus banyak2 berdoa nih agar kelak jika kita berhasil masuk sebagai mahasiswa PKN STAN, kita dapat masuk ke jurusan/prodi yang kita inginkan atau dambakan.

 Saat Test



1. Manfa'atkan waktu dengan sebaik-baiknya

Manajemen waktu adalah hal penting, apalagi untuk mengerjakan test yang diberikan dengan waktu terbatas. Mungkin ketika latihan, anda bisa mengerjakan semua soal dalam sepaket test/ tryout USM PKN STAN sebelumnya. Namun ketika anda test, maka waktu anda akan terbatas. Jadi, usahakanlah latihan dengan alokasi waktu yang sama dengan saat test asli USM PKN STAN. Tanpa manajemen waktu yang tepat, anda tidak akan mampu mengerjakan secara maksimal. Bisa jadi ada mata pelajaran terlewatkan atau malah anda terpaku/terjebak pada soal yang anda tidak bisa dikerjakan yang malah menghabiskan banyak waktu yang anda miliki. Membawa jam tangan mungkin adalah hal terbaik yang bisa membantu manajemen waktu anda.

2. Gunakan alat tulis standar/terbukti baik

Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa alat tulis Anda telah terbukti dapat digunakan mengisi LJK dan dapat terbaca oleh Komputer. Bawalah alat tulis secukupnya, disarankan membawa lebih dari satu.

3. Miliki Mata Pelajaran Andalan, Raihlah Nilai Maksimum pada Pelajaran tersebut

Ini adalah senjata pamungkas jika anda tidak menguasai seluruh mata pelajaran. Kerjakan mata pelajaran yang anda sukai betul pada awal dengan alokasi waktu yang sudah anda tentukan. Namun tetap perhatikan alokasi nilai mati pada USM PKN STAN ya

4. Kerjakan seluruh Mata Uji, baik TPA maupun TPBI

Kita dituntut untuk dapat mengerjakan dua jenis soal diatas dengan baik, dengan minimal kita dapat mengerjakan secara benar 1/3 dari total soal. Ingat ya, 1/3 itu berarti 33,33 % dari total masing2 jenis soal. Anda tidak boleh hanya bisa mengerjakan TPA namun TPBI anda gagal melewati nilai mati. Jika anda gagal melewati nilai mati, maka kemungkinan besar anda akan gagal lolos USM PKN STAN

5. Jangan Menebak-Nebak Jawaban

Jangan menebak-nebak jawaban, gua saranin tinggalkan saja soal yang tidak bisa dikerjakan. Namun jika kira-kira total soal yang ada kerjakan belum mampu melewati nilai mati, makan silahkan saja ditebak siapa tahu anda hoki :) hehe

6. Lampaui Nilai Mati pada Masing-Masing Jenis Soal ( TPA dan TPBI )

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nilai mati adalah nilai yang mengharuskan anda untuk mampu mengerjakan 1/3 dari total soal. Misal TPA ada 120 soal, berarti anda minimal harus mampu dengan benar mengerjakan 40 soal. Hal tersebut juga berlaku pada TPBI



7. Berdo'a kepada Allah SWT dan Minta Restu dari Kedua Orangtua

Ini adalah hal yang tidak bisa diremehkan, intinya cobalah selalu ikhtiar dengan usaha yang semaksimal mungkin, Berdoa adalah hal yang cukup mujarab, dan hal ini berlaku pada saya yang saat ini mampu kuliah di PKN STAN. Jangan lupa untuk minta restu kepada orang tua, karena berkat doa dan restu merekalah jalan kita menuju masa depan dapat berjalan lancar.

Semoga sangat bermanfaat bagi anda, calon punggawa keuangan negara !!


Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Infokekinian
admin
January 16, 2017 at 7:25:00 PM GMT+7 ×

makasih banyak, semoga diterima

Congrats bro Infokekinian you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Komentar yang baik, akan menimbulkan manfaat yang baik ConversionConversion EmoticonEmoticon